Jumat, 05 Januari 2018

Pasca Hujan Polres Melawi Membersihkan Lumpur Di Jalan Propinsi

Kasat Lantas Polres Melawi beserta Anggota Sabhara membersihkan jalanan propinsi

Polres Melawi - Pasca hujan yang mengguyur wilayah Nanga Pinoh dalam beberapa hari ini, kondisi di beberapa titik jalan provinsi yang menghubungkan Nanga Pinoh dan Sintang ditutupi lumpur. Menanggapi hal tersebut, Polres Melawi melalui Sat Lantas dan Sat Sabhara berinisiatif membersihkan lumpur yang sudah mulai mengering tersebut dari jalan, Rabu Sore (03/01/2018).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kasat Lantas Polres Melawi, AKP Aang Permana. Dalam penjelasannya, Aang menyebut kegiatan yang lain dari biasanya itu dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pasalnya, jalan yang dipenuhi lumpur menjadi licin, pun bila sudah mengering akan menghasilkan debu yang dapat menghalangi jarang pandang pengguna jalan.

“Awalnya kami prihatin dengan kondisi jalan yang penuh lumpur seperti ini, lalu muncul ide untuk membersihkan lumpurnya. Tujuannya agar tidak terjadi kecelakaan akibat jalan yang licin karena lumpur dan bila sudah kering nantinya akan jadi debu yang mengurangi jarak pandang. Belum lagi ini jalan poros yang banyak dilalui orang. Itu berbahaya bagi pengguna jalan”, Jelas Aang.

Pembersihan jalan tersebut dilakukan dengan menyemprot lumpur di jalan menggunakan kendaraan water canon dan selang. Selain itu, juga dilakukan dengan cara manual menggunakan cangkul. Perlahan, lumpur yang tadinya menutupi jalan mulai menepi ke pinggir jalan.

Mendapat Apresiasi Dari Warga

Kegiatan Polres Melawi yang lain dari biasanya itu pun mendapat apresiasi dari warga sekitar dan para pengguna jalan. Salah satunya Udin, warga Desa Labang. Udin menjelaskan apa yang dilakukan Polres Melawi ini patut diacungi jempol. Beberapa hari ini dirinya harus sangat berhati – hati melewati jalan yang penuh lumpur tersebut karena memang licin.

“Luar biasa yang dilakukan kawan-kawan dari Polres, patut lah diacungi jempol. Lumpurnya memang tebal dan bisa kebawa di ban motor, licin dan bahaya kalau tidak hati-hati”, Komentar Udin terhadap upaya Polres Melawi tersebut.

Menanggapi komentar warga tersebut, Aang bersyukur apabila upaya yang dilakukan dirinya dan anggota mendapat apresiasi dari warga. Lebih lanjut Aang menyampaikan bahwa tanpa apresiasi dari masyarakat pun sudah menjadi kewajiban bagi Institusinya sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat.

“Syukur Alhamdulillah bila masyarakat mengapresiasi. Tapi, tanpa apresiasi pun ini sudah kewajiban kami sebagai Pelindung, Pengayom, dan Pelayan masyarakat. Semoga bisa sedikit bermanfaat”, Ujar Aang yang sudah menjabat Kasat Lantas lebih dari setahun itu.

Aang pun berpesan kepada para pengguna jalan untuk tetap berhati – hati dalam berkendara dengan mengutamakan keselamatan dalam berlalu lintas serta tertib kelengkapan dan tertib aturan. “Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan”, Tutupnya. (Alisa/Adiru)

SHARE THIS

0 komentar: